Fadhilah Sedekah

Salah satu bukti keimanan dan ketaqwaan kita sebagai makhluk kepada sang pencipta adalah dengan melakukan sedekah. Sedekah merupakan suatu amalan yang tidak bisa kita paksakan. Sedekah merupakan amalan yang dilakukan berdasarkan panggilan hati dan jiwa dan dilakukan secara ikhlas untuk menyenangkan hati orang lain. Kita dapat melakukan sedekah dengan berbagai cara, karena sedekah itu tidak hanya bisa dilakukan dengan mengeluarkan harta dan benda saja. Akan tetapi, ada bentuk sedekah lainnya yang bisa kita berikan pada orang yang membutuhkannya, seperti tenaga, senyum, menafkahi keluarga, berdzikir, mengajarkan ilmu, bahkan berhubungan suami istri pun disebut sebagai suatu sedekah. Dalam islam, cakupan sedekah itu sangatlah banyak. Akan tetapi, yang paling utama adalah dengan menyedekahkan harta dan benda yang kita miliki pada orang yang membutuhkannya. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Tirmidzi berkut ini,

“Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.” (HR. Bukhari).

“Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah“. (HR. At-Tirmidzi).

Fadhilah Sedekah Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits
Terdapat begitu banyak balasan yang akan Allah berikan untuk orang yang gemar melakukan sedekah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan penjelasan dari fadhilah sedekah.

Orang-orang yang bersedekah akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT
Allah SWT berfirman dalam surat Al-Hadid ayat ke 18 yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18)


Dalam sebuah hadits Qudsi yang artinya

“Barang siapa berniat untuk bersedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari gerakan sedekahnya“.

Allah berfirman yang artinya:

“Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrahNya) lagi Maha Mengetahui“. (QS. Al-Baqoroh: 261)

Sedekah dapat menghapuskan dosa-dosa
Hal tersebut berdasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berikut ini:

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).

Namun, hal itu bukan berarti dosa yang telah kita perbuat terhapuskan begitu saja tanpa adanya pertaubatan dan perbuatan baik yang kita lakukan. Sama halnya seperti orang yang mendapatkan hartanya dengan jalan yang salah. Harta yang telah diperoleh dari hasil maksiat atau riba, tidak akan bisa menghapuskan dosa yang kita miliki.

Sedekah dapat memisahkan diri dari neraka
Nabi SAW bersabda:

“Bersedekahlah kamu sekalian, karena sesungguhnya sedekah itu pemisah dari neraka“.

Sedekah tidak harus selalu dilakukan dengan harta benda. Jika kita memiliki makanan atau apapun yang bisa bermanfaat bagi orang lain, maka hal tersebut juga bisa kita sedekahkan. Sebagaimana sabda nabi yang artinya:

“Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma“. (Muttafaqun ‘alaih)

Orang yang bersedekah akan mendapat naungan pada hari akhir
Salah satu golongan manusia yang kelak akan mendapatkan pertolongan pada akhir zaman adalah orang-orang yang gemar melakukan sedekah. Akan tetapi, ia melakukannya secara sembunyi-sembunyi bahkan tangan kirinya pun tidak mengetahuinya. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari yang artinya:

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya“. (HR. Bukhari)

Sedekah dapat memadamkan panasnya alam kubur
Hal tersebut berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh At-Thabarani berikut ini:

“Sesungguhnya sedekah itu benar-benar akan dapat memadamkan panasnya alam kubur bagi penghuninya, dan orang mukmin akan bernaung dibawah bayang-bayang sedekahnya“. (HR. At-Thabrani)

Sedekah merupakan salah satu amal yang tidak putus sampai mati
Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi SAW bersabda:

“Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara yaitu: Shodaqoh jariyah, anak yang sholeh yang memohonkan ampunan untuknya (Ibu dan bapaknya) dan ilmu yang berguna setelahnya“.

Sedekah dapat memanjangkan umur
Hal tersebut berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh At-Thabarani berikut ini:

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani).

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa:

“Sesungguhnya didalam sedekah-sedekah itu ada lima perkara:

Mereka akan melewati jembatan shiratal mustaqim seperti halilintar yang menyambar;
Sedekah itu bisa menambah harta kekayaan mereka;
Allah akan menghindarkan bahaya dari mereka;
Menjadi obat penyakit;
Mereka akan masuk kedalam surga tanpa dihisab dan disiksa”.
Sedekah dapat menambah harta kekayaan
Jangan pernah takut untuk bersedekah karena khawatir rezekinya akan berkurang, karena sedekah itu sejatinya meluaskan, melapangkan dan membuka pintu rezeki seseorang. Sebagaimana sabda Rasul yang artinya:

“Tidak akan berkurang rezeki orang yang bersedekah, kecuali bertambah, bertambah dan bertambah“.

Allah SWT berfirman dalam QS. Saba ayat 39:

“Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rezeki“.

Sedekah dapat mengobati penyakit
Selain beberapa fadhilah bersedekah yang telah disebutkan sebelumnya, ternyata sedekah juga dapat menyembuhkan penyakit hati. Hal ini dikarenakan sedekah dapat membersihkan hati dan pikiran kita, dan atas izin-Nya Allah senantiasa meringankan dan menyembuhkan penyakit orang-orang yang gemar melakukan sedekah. Sebagaimana sabda Rasul yang artinya:

“Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan bersedekah“.

Itulah beberapa fadhilah bersedekah yang perlu kita ketahui agar kita tidak ragu lagi untuk melakukannya.

Comments